Selasa, 22 Maret 2011

Bumi Makin Panas : Dikotomi Situasi Dunia

Bumi ini terbelah menjadi dua! di saat bangsa-bangsa di belahan timur bumi sibuk menyerukan solidaritas perdamaian dan kemanusiaan atas nama bencana, ternyata bangsa bangsa di belahan barat bumi justru sibuk menyerukan solidaritas perang atas nama demokrasi dan kepentingan ekonomi. Betapa ironisnya situasi ini. Bumi ini bulat dan satu, namun terjadi polarisasi situasi di waktu yang sama.

Manusia di bumi sudah semakin maju, meninggalkan kotak-kotak kebudayaan dan kebangsaan, namun di satu sisi manusia juga sedang bergotong royong membuat kotak-kotak kepentingan  yang bisa saling menghancurkan. 

Mungkin diantara teman-teman ada yang memilih cuek, karena kita tidak ada sangkut pautnya dengan kedua situasi tersebut. Tetapi ingatlah, temans. Kita semua hidup di bumi dan langit yang sama. Apakah kita tega melihat bumi yang satu ini terpecah belah, sedangkan kita yang tak tahu apa-apa juga akan menjadi korban dari hal itu?

Sembari belajar dari keteladanan Maria, bunda Gereja, mari kita serukan gerakan doa semesta untuk bumi ini, agar Allah sudi mengampuni manusia di bumi. Sisihkanlah waktu doa mu untuk memanjatkan permohonan atas situasi ini. Doa yang diucapkan secara tulus dan rendah hati, akan didengarkan Tuhan.  

A.M.D.G

Tidak ada komentar:

Posting Komentar